PENYEBAB, GEJALA, DAN BEBERAPA CARA MENCEGAH KATARAK


Katarak yaitu bagian keruh pada lensa mata yang biasanya bening dan akan mengaburkan penglihatan. Katarak tidak mengakibatkan rasa sakit dan termasuk jenis penyakit yang biasa terjadi. Dan lensa mata sendiri yaitu bagian transparan di belakang pupil (titik hitam di tengah bagian mata yang gelap) yang berfungsi untuk memfokuskan cahaya pada lapisan retina. Dengan adanya katarak, kejernihan lensa mata menjadi berkurang serta cahaya yang masuk ke mata menjadi terhalang. Seiring bertambahnya umur, pada umumnya lensa mata dengan perlahan-lahan akan keruh serta berkabut. Jadi, katarak yaitu penyakit yang biasa terjadi seraya kita bertambah tua. Banyak penderita yang pada akhirnya membutuhkan operasi untuk mengganti lensa yang telah rusak dengan lensa buatan.
Penyebab katarak
Penyebab katarak yang pasti belum diketahui sampai saat ini. Seiring bertambahnya umur, protein yang membentuk lensa mata akan berubah, termasuk kandungan airnya. Hal ini yang memungkinkan lensa mata yang awalnya bening, berubah menjadi keruh. Sampai saat ini, alasan di balik proses penuaan yang bisa berujung pada perubahan protein di lensa mata belum diketahui. Walaupun demikian, di bawah ini adalah faktor-faktor lainnya yang akan meningkatkan resiko anda terkena katarak, diantaranya sebagai berikut :
·         Mengkonsumsi obat kortikosteroid berdosisi tinggi untuk waktu lama.
·         Pernah mengalami cidera pada mata.
·         Mengkonsumsi minuman keras dalam jumlah banyak secara rutin.
·         Mata yang terpajan sinar matahari untuk waktu yang lama.
·         Merokok.
·         Penyakit-penyakit tertentu, misalnya peradangan pada bagian tengah mata (uveitis) atau diabetes jangka panjang.
·         Mempunyai riwayat katarak dalam keluarga.
·         Pernah menjalani operasi mata.
·         Pola makan yang tidak sehat serta kekurangan vitamin.
Gejala-gejala katarak
Beberapa gejala katarak yang mungkin dialami, katarak pada umumnya menyerang kedua mata pengidap dengan tingkat keparahan yang mungkin berbeda-beda serta tidak bersamaan. Penyakit ini bisa berkembang selama bertahun-tahun dan tanpa terasa oleh pengidapnya. Katarak sendiri tidak mengakibatkan iritasi atau rasa sakit. Pengidap katarak biasanya akan mengalami penglihatan yang samar-samar serta berkabut. Kemudian akan muncul bercak atau bintik ketika penglihatannya kurang jelas. Kondisi ini juga bisa mempengaruhi pandangan anda dengan cara-cara seperti dibawah ini diantaranya :
§  Segala sesuatu menjadi ganda.
§  Kesulitan melihat ketika cahaya remang-remang (terutama ketika malam hari) atau ketika terang.
§  Warna yang terlihat memudar atau menjadi tidak jelas.
§  Mata yang sensitif saat terkena cahaya menyilaukan.
§  Ukuran lensa kacamata yang sering berubah.
§  Di sekeliling cahaya terang (misalnya, lampu jalan atau lampu mobil) seperti ada lingkaran cahaya.
§  segala sesuatu terlihat seperti mempunyai semburat cokelat atau kuning.
Dibawah ini adalah beberapa cara untuk mencegah katarak yang dapat anda lakukan sejak dini, diantaranya :
1.      Lindungi Mata dari Sinar UV, melindungi mata dari bahaya sinar UV memang sangat tepat dilakukan. Anda harus berusaha menggunakan kacamata ketika menyetir pada siang hari atau ketika bekerja. Bahaya sinar ultraviolet bagi mata, dapat mempercepat pembenrukan katarak. Apabila anda tidak merasa nyaman dengan kacamata maka gunakan topi yang lebar untuk menutupi mata.
2.      Konsumsi makanan tinggi vitamin C, antioksidan adalah bahan yang dapat mencegah proses stress oksidatif. Proses ini terjadi karena adanya zat radikal bebas yang masuk ke dalam  tubuh. Beberapa jenis makanan yang mengandung antioksidan terdiri dari vitamin C. Dan vitamin C sendiri dapat menghalangi proses terbentuknya katarak.
3.      Minum teh secara rutin, teh merupakan minuman super yang dapat mencegah berbagai penyakit termasuk katarak. Teh mengandung senyawa antioksidan yang sangat kuat sehingga dapat mencegah berbagai kerusakan mata yang lain dan katarak. Teh tanpa gula juga dapat membantu mengatasi kadar gula darah yang tinggi. Uji coba yang diterapkan pada tikus membuktikan bahwa minum teh setiap hari ternyata menjaga kesehatan dan lensa mata supaya selalu tetap jernih.
4.      Hindari paparan asap rokok, bahay asap rokok juga sangat berbahaya bagi mata, salah satunya dapat meningkatkan resiko terkena katarak. Asap rokok mengandung nikotin yang sangat berbahaya termasuk zat kimia yang akan merusak kebersihan mata. Mulailah tidak terpapar asap rokok sejak usia muda.
5.      makan makanan sehat, sebuah riset membuktikan bahwa individu yang mempunyai kadar gula darah tinggi atau pengidap diabetes maka resiko katarak akan lebih besar dibandingkan individu yang sehat. Oleh sebab itu kemampuan tubuh untuk mengatasi gula darah yang tinggi ternyata juga sangat mempengaruhi mata. Untuk itu biasakan mengkonsumsi makanan yang sehat penuh dengan antioksidan, vitamin E, beta karoten, vitamin A,  dan vitamin C. Batasi jumlah konsumsi makanan yang mengandung gula dan karbohidrat.
6.      Pemeriksaan mata secara teratur, terkadang beberapa kelainan atau penyakit mata akan terdeteksi apabila telah memburuk. Oleh sebab itu melakukan pemeriksaan rutin untuk kesehatan mata sangat diperlukan. Cara ini akan membantu menemukan diagnosa serta deteksi awal kelainan mata yang terjadi. Langkah ini sangat baik apabila dilakukan sejak dini dan frekuensinya akan meningkat sesudah berusia lebih dari 40 tahun.
7.      Jangan minum alkohol, kebiasaan minum alkohol juga dapat meningkatkan resiko terkena katarak. Banyak individu yang memang tidak menyadari bahwa alkohol dapat merusak mata.
8.      Konsumsi makanan tinggi vitamin E, banyak individu mengangap bahwa hanya vitamin A yang dibutuhkan oleh mata. Akan tetapi, ternyata vitamin E juga sangat dibutuhkan karena dapat menjaga proses penuaan serta kerusakan lensa mata. Cukup mendapatkan vitamin E akan membuat mata anda terlindung dari katarak. Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin E yaitu seperti sawi, cabai merah, biji bunga matahari, kacabg almond, mangga, alpukat, bayam, minyak zaitun serta  berbagai jenis makanan lainnya.


Sekian artikel ini saya buat jika ada kekurangannya saya minta maaf. 

Post a Comment

0 Comments