GEJALA, PENYEBAB, DAN PENCEGAHAN VIRUS CORONA ATAU COVID-19





DEFINISI
Dewasa ini dunia sedang dilanda sebuah wabah virus Corona atau disebut juga  COVID-19, virus yang masih subfamily dengan Orthocoronavirine dalam keluarga Coronaviridae dan ordo Nidovirales. Kelompok virus ini yang bias mengakibatkan penyakit pada burung dan mamalia (ternasuk manusia). Pada manusia, Corona virus mengakibatkan infeksi pernapasan yang umumnya ringan seperti pilek, walaupun beberapa bentuk penyakit seperti MERS, SARS dan COVID-19 sifatnya lebih mematikan. virus Corona mempunyai satu rantai RNA sehingga kerap disebut virus RNA. bentuk virus yang masih bersaudara dengan penyebab SARS dan MERS ini sama persis mahkota. Bentuk mahkota ditandai protein S berupa sepatu yang tersebar di sekeliling permukaan virus. Virus jenis ini lebih cepat bermutasi disbanding DNAhingga satu juta kali. Virus ini diperkirakan berasal dari hewan dan dapat menular dari hewan ke manusia serta dari manusia ke manusia. Penularan antar manusia kemungkinan besar melalui percikan dahak ketika bersin atau batuk. Wuhan, China adalah lokasi atau titik awal ditemukannya kasus virus Corona atau COVID-19 dan terus menyebar diantara penduduknya hingga ke Negara lain.
BEBERAPA GEJALA
Manusia yang terinfeksi virus Corona atau COVID-19 biasanya mengalami gejala flu biasa, mulai dari batuk, pusing, hidung berair, sakit tenggorokan, dan demam. Akan tetapi gejala ini juga bervariasi terhadap setiap manusia. Pada sebagian orang mengaku tidak merasakan gejala apa-apa. Sementara pada orang lain dapat merasakan keluhan yang parah seperti sesak napas, sakit dada, hingga batuk berdarah. Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), terdapat tiga gejala utama dari infeksi COVID-19 diantaranya adalah napas yang memendek, batuk, dan demam. Keadaan tersebut umumnya akan muncul dalam jangka waktu dua hingga empat belas hari setelah terinfeksi. Akan tetapi secara umum ada tiga gejala umum yang bis menandakan seseorang terinfeksi virus Corona atau COVID-19 diantaranya :
Batuk
Sesak napas
Demam ( suhu tubuh di atas 38℃elcius)
Menurut penelitian, gejala COVID-19 muncul dalam waktu dua hari hingga dua minggu sesudah terinfeksi virus Corona.
PENYEBAB-PENYEBAB
Infeksi COVID-19 disebabkan oleh Coronavirus, kelompok virus yang menginfeksi system pernapasan. Pada sebagian besar kasus, Coronavirus hanya mengakibatkan infeksi pernapasan ringan hingga sedang, contohnya flu. Namun, virus Corona juga dapat mengakibatkan infeksi pernapasan serius, contohnya Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), Middle-East Respiratory Syndrome (MERS) dan Pneumonia. Seseorang bias tertular virus Corona melalui beberapa cara, diantaranya :
Ü  Memegang mulut atau hidung tanpa cuci tangan terlebih dahulu sesudah menyentuh benda terkena cipratan air liur pengidap Corona
Ü  Kontak langsung jarak dekat dengan pengidap Corona, misalnya berjabat tangan atau bersentuhan
Ü  Tanpa sengaja menghirup percikan ludah dari batuk atau bersin pengidap Corona
Virus Corona atau COVID-19 bisa menginfeksi siapa saja, namun efeknya akan lebih berbahaya atau bahkan fatal apabila terjadi kepada orang yang sedang sakit, orang lansia, orang dengan imun tubuh lemah, atau ibu hamil.
UPAYA-UPAYA PENCEGAHAN
1.      Terapkan social distancing
Menjaga jarak saat kontak dengan orang yang batuk atau bersin minimal satu meter, mereka menyemprotkan tetesan cairan kecil dari mulut atau hidung mereka yang memiliki kemungkinan mengandung virus. Apabila terlalu dekat, anda dapat menghirup tetesan air yang mungkin saja mengandung COVID-19.
2.      Menghindari kontak dengan hewan yang berpotensi menularkan virus Corona
Coronavirus jenis baru diduga kuat berasal dari kelelawar dan sebarkan oleh beberapa hewan reptil serta mamalia. Oleh sebab itu, hindari kontak dengan beberapa hewan tersebut
3.      Mencuci tangan dengan benar
Mencuci tangan dengan benar yaitu cara paling sederhana akan tetapi sangat efektif untuk mencegah penyebaran COVID-19. Cucilah tangan menggunakan sabun dengan air mengalir sekitar 20 detik. Dan pastikan semua bagian tangan anda tercuci sampai bersih, seperti sela-sela jari, kuku, punggung tangan, pergelangan tangan, sesudah itu dilap pake kain atau handuk yang bersih. Cucilah tangan anda sebelum dan sesudah makan,setelah bersin atau batuk, setelah membuang sampah, sesudah menggunakan toilet,mdan setelah menyentuh hewan.
4.      Selalu menjaga Imun atau daya tahan tubuh
Imun tubuh yang kuat merupaka salah satu upaya mencegah terinfeksi COVID-19. Untuk meningkatkan serta menjaga daya tahan tubuh, sebaiknya anda konsumsi buah-buahan dan sayuran, serta makanan yang berprotein contohnya daging tanpa lemak, telur, dan ikan. Dan dianjurkan mengkonsumsi suplemen dengan anjuran dokter. Selain itu terapkalah pola hidup sehat dengan tidur yang cukup, tidak mengkonsumsi miras, tidak merokok, serta rutin berolahraga.

Oleh sebab itu, sangat penting melakukan usaha preventif guna melindungi diri dari infeksi virus tersebut. Usaha preventif harus dilakukan dari berbagai lapisan usia, walaupun memiliki daya tahan tubuh yang baik. Segeralah pergi ke dokter atau pusat kesehatan apabila anda mulai merasakan gejala-gejala tersebut diatas guna memastikan kondisi anda. Mencegah lebih baik daripada mengobati.
Sekian artikel ini saya buat, apabila ada kurangnya saya mohon maaf

Post a Comment

0 Comments