GEJALA DAN FAKTOR PEMICU AMBEIEN


Ambeien atau wasir adalah penyakit dimana pembuluh darah yang ada di sekitar anus atau rektum (bagian akhir dari usus besar, sebelum anus) membengkak dan meradang. Penyebab-penyebabnya tidak diketahui secara pasti, tapi kemungkinan berhubungan dengan meningkatnya tekanan dalam pembuluh darah di dalam dan sekitar anus atau dubur.
Apabila anda menderita penyakit ambeien, ada beberapa pantangan penyakit ambeien atau wasir serta hal-hal yang boleh dilakukan untuk meredakan nyeri ambeien serta mempercepat penyembuhan, diantaranya di bawah ini :
·         Jangan menunda buang air besar, saat perut sudah memberontak serta hasrat untuk mengeluarkan isi perut muncul, segerakan ke toilet. Menunda-nunda atau menunggu hingga pekerjaan kita selesai adalah pantangan penyakit ambeien atau wasir. Menunda baung air besar bisa memperparah sembelit dan akhirnya memperburuk wasir atau ambeien.
·         Jangan berlama-lama di toilet, jangan membawa handphone, gadget, atau buku ke toilet saat buang air besar, sebab benda-benda tersebut dapat membuat kita betah duduk di toilet. Semakin lama kita nongkrong di toilet, semakin besar pula resiko tekanan pada pembuluh darah. Resiko tersebut bahkan menjadi lebih besar apabila kita menggunakan toilet duduk.
·         Makanan, makanan yang mengandung sedikit serat bisa mengakibatkan sembelit hingga menjadi ambeien. Jadi batasilah makanan-makanan tersebut seperti produk olahan susu, daging olahan, daging, roti putih, makanan beku, makanan cepat saji, makanan olahan, dan karbohidrat olahan. Awasi juga jumlah garam yang masuk ke dalam tubuh serta hindari mengkonsumsi makanan pedas, buah sitrus, dan minuman beralkohol. Ada makanan yang menjadi pantangan penyakit ambeien, ada juga yang disarankan. Pengidap ambeien disarankan untuk mengkonsumsi makanan kaya serat seperti kacang-kacangan (kacang merah, kacang hitam) gandum utuh, apel, buah pir, oatmeal, alpukat, pisang, dan brokoli. Ketika sarapan atau makan siang, coba konsumsi campuran satu sendok makan minyak mineral dengan selai apel atau yogurt supaya tinja dapat keluar dengan lebih gampang. Namun, jangan terus menerus melakukan hal semacam ini.
·         Jangan mengeden, pantangan penyakit ambeien selanjutnya yaitu mengeden. Mengeden memberi lebih banyak tekanan pada pembuluh darah di rektum, dimana itu merupakan salah satu penyebab paling umum dari wasir. Tak hanya mengejan saat buang air besar, meningkatnya tekanan pada pembuluh darah juga dapat disebabkan karena batuk kronis, kehamilan, atau mengangkat benda berat.
·         Mengangkat kaki, apabila menggunakan toilet duduk, angkat kaki sedikit atau memijakkan kaki di atas bangku kecil. Posisi ini membuat posisi rektum berubah, hingga memungkinkan tinja keluar dengan lebih mudah.
Gejala-gejala
Berikut ini merupakan gejala-gejala ambeien atau wasir ringan yang perlu kita ketahui, diantaranya :
-          Muncul darah ketika buang air besar, pendarahan yang keluar ketika buang air besar bisa jadi adalah tanda dari gejala ambeien atau wasir.
-          Terdapat benjolan yang keluar dari dalam anus atau dubur. Gejala ambeien muncul dengan 2 jenis yaitu ambeien luar dan ambeien dalam. Tanda munculnya ambeien luar yaitu jika muncul tonjolan yang berasal dari jaringan dubur, kadang benjolan tersebut bisa kempis dengan sendirinya dan masuk kembali ke dalam lubang anus. Sedangkan ambeien dalam muncul di atas jalur dentate dalam dubur.
-          Pembengkakan pembuluh darah pada rektum, sebelum munculnya benjolan gejala ambeien, pembuluh darah pada rektum akan mengalami pelebaran atau pembengkakan yang mengakibatkan jaringan disekitarnya menegang.
-          Benjolan terasa sakit, pada kasus ambeien luar serta dalam pengidap akan mengalami rasa sakit ketika gejala ambeien kambuh.
-          Gatal-gatal pada bagian sekitar dubur, jaringan dubur terdiri dari bantalan-bantalan yang berfungsi menahan feses untuk keluar. Ketika gejala ambeien kambuh jaringan di sekitar bantalan tersebut akan mengalami gatal-gatal.
-          Keluar lendir sesudah buang air besar, gejala awal ambeien adalah muncul lendir yang berasal dari jaringan di dalam dubur yang telah mengalami pembengkakan.
-          Sulit untuk duduk, rasa tidak nyaman akan muncul pada pengidap ketika gejala ambeien kambuh. Duduk terasa tidak nyaman, jika berjalanpun terasa ada yang mengganjal di bagian anus.
Faktor pemicu
Di bawah ini adalah faktor-faktor pemicu yang disa menyebabkan ambeien atau wasir, diantaranya :
1.      Banyak beraktifitas sambil duduk akan menimbulkan pembengkakan pada jaringan vena yang menjadi penyebab ambeien atau wasir.
2.      Sembelit atau konstipasi, akan menyebabkan pengidap banyak mengeden dan akhirnya muncul pembengkakan yang mengakibatkan munculnya gejala ambeien atau wasir.
3.      Faktor makanan, gejala ambeien atau wasir muncul bisa disebabkan oleh pola makan kita yang kurang serat, akibatnya akan terjadi panas dalam yang mengakibatkan kambuhnya ambeien atau wasir.
4.      Pada wanita hamil, pada saat hamil tekanan pada sekitar anus menjadi lebih besar dan perubahan struktur hormonal yang menyebabkan munculnya ambeien atau wasir.
Selain menjauhi pantangan penyakit ambeien atau wasir serta melakukan apa yang boleh dilakukan, jangan lupa untuk minum obat ambeien yang telah diresepkan dari dokter. Dengan pengobatan medis serta beberapa langkah di atas, ambeien atau wasir akan dapat disembuhkan.

Sekian artikel ini saya buat apabila ada kekurangannya saya mohon maaf.

Post a Comment

0 Comments