PENYEBAB, GEJALA , FAKTOR PENINGKAT RESIKO DAN CARA MENCEGAH KANKER PROSTAT


Kanker prostat yaitu pertumbuhan sel-sel secara tidak terkendali dalam kelenjar prostat. Dan prostat sendiri yaitu kelenjar kecil di panggul laki-laki dan merupakan bagian dari sistem reproduksi. Prostat berada di bawah kandung kemih di depan rektum. Kelenjar prostat mengelilingi uretra, dan uretra sendiri adalah saluran yang membawa urine dari kandung kemih ke penis. Prostat membantu menghasilkan cairan yang melindungi serta menyuburkan sperma. Pada saat terjadi ejakulasi, prostat mengeluarkan cairan ini menuju uretra. Cairan yang dikeluarkan akan mengalir bersama dengan sperma sebagai air mani. Ada kanker prostat yang bersifat agresif dan mampu menyebar secara cepat. Akan tetapi pada umumnya, kanker prostat tumbuh dengan perlahan serta tidak menyebar.
Penyebab kanker prostat
Penyebab kanker prostat sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti. Akan tetapi pada tingkat dasar, kanker prostat disebabkan oleh perubahan pada DNA sel prostat normal. Akan tetapi, kanker prostat mempengaruhi terutama pada laki-laki yang berumur lanjut. Sekitar 8 dari 10 kasus diidap oleh laki-laki berumur di atas enam puluh lima tahun.
Gejala-gejala kanker prostat
Pada tahap awal, kanker prostat pada umumnya tidak menimbulkan gejala-gejala apa pun. Akan tetapi pembengkakan prostat telah mempengaruhi uretra atau kanker mulai menyebar, dan dibawah ini merupakan gejala-gejala yang biasanya muncul diantaranya :
·         Tekanan air kencing berkurang.
·         Disfungsi ereksi.
·         Lebih sering buang air kecil, terutama ketika malam hari.
·         Tidak mampu kencing sambil berdiri.
·         Merasa nyeri atau butuh waktu lama ketika buang air kecil.
·         Air kencing keluar ketika tertawa atau batuk.
·         Terdapat darah dalam air kencing atau air mani.
Prostat laki-laki pada umumnya akan bertambah besar seiring bertambahnya umur. Perlu diwaspadai gejala-gejala tersebut di atas, walaupun tidak selalu berarti anda mengidap kanker prostat. Dibawah ini merupakan gejala-gejala kanker prostat saat telah memasuki tahapan yang lebih parah diantaranya :
·         Merasa sakit atau kaku pada bagian punggung bawah, paha atas, panggul, atau pada tulang disekitarnya.
·         Konstipasi.
·         Kelemahan atau kelumpuhan pada tubuh bagian bawah.
·         Penurunan berat tubuh.
·         Rasa sakit pada tulang terutama pinggul, paha, serta punggung bagian bawah.
·         Kehilangan nafsu makan.
·         Mual dan muntah.
Selain usia, faktor-faktor yang dapat meningkatkan resiko terkena kanker prostat diantaranya sebagai berikut :
·         Kelebihan berat badan atau obesitas, dapat meningkatkan resiko pria terkena kanker prostat.
·         Perubahan gen, beberapa perubahan gen yang diwariskan dapat meningkatkan resiko terkena kanker prostat.
·         Vasektomi, laki-laki yang menjalani prosedur vasektomi mempunyai resiko terkena kanker prostat lebih besar.
·          Riwayat kesehatan keluarga, apabila ada keluarga pria yang mengidap kanker prostat atau perempuan yang mengidap kanker payudara, resiko anada akan meningkat untuk terkena kanker prostat.
·         Merokok.
·         Makanan, mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi terlalu sering juga dapat meningkatkan resiko terkena kanker prostat.
·         Lokasi, kasus kanker prostat kebih banyak ditemui di belahan Amerika Utara, Kepulauan Karibia, Australia, dan Eropa Barat Laut.
·         Paparan bahan kimiawi.
·         Peradangan prostat, beberapa studi menyebutkan bahwa peradangan prostat berhubungan dengan meningkatnya resiko kanker prostat.
·         Ras, kanker prostat lebih beresiko untuk menimpa laki-laki yang berasal dari ras Afrika-Amerika dan Karibia.
·         Beberapa jenis makanan, laki-laki yang sering mengkonsumsi daging merah atau produk susu tinggi lemak akan mempunyai resiko terkena kanker prostat sedikit lebih besar dibandingkan laki-laki yang hanya sedikit mengkonsumsi kedua jenis makanan tersebut.
Cara-cara mencegah kanker prostat yaitu dengan :
1.      Dengan menjaga berat tubuh, anda perlu menjaga berat badan anda agar tetap seimbang. Dan hindarilah makanan yang kaya akan lemak seperti daging merah dan mengkonsumsi makanan sehat yang rendah kalori seperti sereal untuk menjaga berat tubuh tetap seimbang.
2.      Berhenti merokok, sebuah penelitian dai Harvard School of  Public Health dan University of California menunjukan bahwa pasien kanker prostat yang merokok, lebih mungkin mengalami kekambuhan dan bahkan meninggal. Masih berdasarkan penelitian tersebut, perokok juga lebih mungkin untuk mempunyai bentuk yang lebih agresif dari kanker prostat. Belum terlambat untuk berhenti merokok, jika dibandingkan dengan perokok saat ini, pasien kanker prostat yang berhenti merokok selama lebih dari sepuluh tahun mempunyai resiko kematian yang sama seperti mereka yang tidak pernah merokok.
3.      Mengkonsumsi makanan sehat, seperti yang anda ketahui mengkonsumsi makanan sehat seperti buah serta sayur berguna untuk melindungi tubuh dari berbagai macam ancaman penyakit salah satunya adalah kanker prostat.
4.      Berolahraga dengan teratur, sebuah penelitian menyatakan bahwa seorang laki-laki yang rutin berolahraga setiap harinya bisa menurunkan seseorang tersebut terkena kanker prostat. Oleh sebab itu, mulailah untuk melakukan aktivitas fisik yang bisa membantu anda untuk meningkatkan kesehatan. Cara olahraga terbaik yang bisa anda lakukan yaitu bersepeda, berenang, jogging, maupun olahraga yang lainnya.
5.      Meningkatkan asupan Zinc, cara mencegah kanker prostat yang terakhir yaitu dengan meningkatkan asupan Zinc. Seng atau Zinc bisa mengubah metabolisme steroid dalam tubuh, sehingga ini akan mengurangi pembesaran prostat. Sumber makanan yang kaya akan Zinc yaitu minyak gandum, dan biji labu.


Sekian artikel ini saya buat jika ada kekurangan saya mohon maaf. 

Post a Comment

0 Comments